Upacara Hari Pahlawan

Hujan deras yang turun mengguyur Parigi dan sekitarnya, Selasa (10/11/20) tak menghambat pelaksaan Kegiatan Upacara Hari Pahlawan tahun 2015 tingkat Kabupaten Pangandaran yang dimulai pukul 8.oo WIB

Namun yang sejatinya pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan tersebut akan dilaksanakan di Alun –Alun Parigi, akhirnya dipindahkan ke Aula Setda yang ukurannya 12 kali lipat jauh lebih kecil dari pada alun-alun

Namun demikian walau berdesakan pelaksanaan upacara hari Pahlawan tingkat Kabupaten Pangandaran yang dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Pangandaran Drs H Daud Achmad berjalan hidmat.

Dalam sambutanya Penjabat Bupati Pangandaran yang membacakan pidato Menteri Sosial Republik Indonesia, Khopipah Indar Parawansa, mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan tersebut merupakan cerminan atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja.

“ Penyelenggaraan peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses berbangsa dan bernegara sekaligus sebagai salahsatu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan” ujarnya.

Lebih lanjut Mensos mengatakan peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan nilai-nilai kejuangan untuk di implementasikan dalam kehidupan bernegara.

Tema Hari Pahlawan tahun 2015 adalah “ Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku” yang mempunyai makna untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan masuk kedalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Diakhir pidatonya Mensos mengajak untuk merenungkan kembali langkah-langkah besar bapak bangsa yang telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi pancasila sebagai dasar negara, sebagai ideologi pemersatu bangsa serta spirit kegotongroyongan dalam bermasyarakat dan bernegara.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Mahmud SH.MH, dan seluruh Kepala SKPD Kab. Pangandaran. (hms/gita)

Share

Upacara Hari Pahlawan

Discussion

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *