Susunan Organisasi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terdiri dari :

1. Sekretaris DPRD
2. Bagian Umum

  • Sub Bagian Umum dan Tata Usaha
  • Sub Bagian Perlengkapan

3. Bagian Rapat dan Perundang-undangan

  • Sub Bagian Rapat dan Risalah
  • Sub Bagian Perundang-undangan
  • Sub Bagian Humas dan Protokol

4. Bagian Keuangan

  • Sub Bagian Anggaran dan Perbendaharaan
  • Sub Bagian Penatausahaan Keuangan

 

Kedudukan, Tugas dan Fungsi

Sekretariat DPRD adalah adalah unsur pelayanan terhadap DPRD. Sekretariat DPRD dipimpin oleh seorang Sekretaris DPRD. Sekretaris DPRD secara teknis operasional berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Sekretariat DPRD mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, memberikan pelayanan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan Daerah.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Sekretariat DPRD mempunyai fungsi:

  • penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD;
  • penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD;
  • penyelenggaraan rapat-rapat DPRD, pengkajian hukum dan kehumasan;
  • penyediaan dan pengkoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.
Share

Sekretariat DPRD