Peringatan Hari Pahlawan tahun 2017

Parigi. Pemerintah kabupaten pangandaran melaksanakan upacara hari Pahlawan yang bertempat di Alun – alun Parigi Jumat, 10 november 2017. Upacara diikuti oleh Kepala SKPD, Anggota Dewan dan tamu undangan lainnya. Amanat Menteri Sosial RI pada upacara peringatan Hari Pahlawan 2017 dibacakan oleh Wakil Bupati Pangandran H. Adang Hadari selaku Inspektur Upacara, isi amanat sebagai berikut:.

Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa lndonesia memperingatl Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan koleKif yang mereka lakukan’ sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain’ bangsa yang meriyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emai bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat’ adil dan makmur.

Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras/ suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partlkularisme golongan – bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Berbagai sejarah kepahlawanan, mengisahkan tentang menyala-nyatanya api “Harapan” yang menjadi pemantik dari berbagai tindakan-tindakan heroik yang mengagumkan. Begitu pula Republik Indonesia tercinta ini ketika diproklamirkan, dengan keberanian, tekad, pemikiran orisinil tentang kehidupan bernegara yang teduang dalam Pancasila dan UUD 1945 dan pengorbanan yang besar, maka berkat rahmatAllah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas maka rakyat Indonesia menyatakan kemerdekaaannya.

Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik tersebut telah ditambatkan oleh Pemerintahan Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil presiden Bapak H.M. Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni: ‘Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.” Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut NAWA CITA. Kesembtlan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah; ranah mentalkultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratit berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pada era milenium kedua saat ini kita tengah menyaksikan seDuan transformasi besar dalam hubungan internasional dlantara bangsa-bangsa dunia. Kita sedang menyaksikan suatu zaman yang diutarakan oleh jurnalis Gideon Rahman pada tahun 2016 tentang fajar baru pergeseran global dimana kemajuan peradaban dunia disebut sebagai erc Easternization atau Tmurisasi. Dalam era kemajuan global seperti ini negara-negara Asia dianggap sebagai kutub – kutub baru kemajuan peradaban dunia. Oleh karena itulah persatuan Indonesia bukan hanya sebuah imperative yang harus kita rawat sebagai suatu bangsa namun lebih dari itu Persatuan Indonesia adalah sebuah prasyarat bagi kita menjadi bagian dari kekuatan yang tengah tumbuh, the rising force Bersama dengan bangsa – bangsa lain yang saat ini menjadi sorotan kemajuan seperti korea, india dan cina untuk menjadi menara-menara baru pembawa obor kemanusiaan. Membawa cahaya baru yang menjadi pandu kemajuan dunia berlandaskan nilai-nilai Ketuhan dan kemanusiaan yang sejalan dengan nilai-nilai dasar negara kita yakni Pancasila.

Share

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2017

Discussion

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *