PELAYANAN DASAR DENGAN DUKUNGAN TIK MENUJU PANGANDARAN KABUPATEN CERDAS

Pangandaran. Perencanaan merupakan fungsi manajerial dalam upaya mencapai tujuan dalam rangka pengembangan suatu daerah. Memenuhi amanat Undang-undang no 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Daerah no 6 tahun 2009 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Pangandaran melaksanakan  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018. Penyusunan rencana pembangunan daerah melalui tahapan Musrenbang dari Musrenbang tingkat Desa, Kecamatan, Forum Gabungan SKPD dan Musrenbang tingkat Kabupaten. Tahapan ini harus ditempuh dalam proses dasar perumusan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD).

Bertempat di Aula Hotel Grand Mutiara Pangandaran Kamis, 2 Maret 2017, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata bersama Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari membuka Musrenbang RKPD tahun 2018 Kabupaten Pangandaran. Dihadiri Anggota Komisi 10 DPR RI Puti Guntur Sukarno, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hj. Ijah Hartini dan H. E. Kusnadi, perwakilan Gubernur Jawa Barat, Perwakilan Bappeda Prov. Jawa Barat, Perwakilan Rektor UNPAD, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Iwan M. Ridwan, S.Pd., M.Pd, beserta Anggota DPRD Kab. Pangandaran, Kepala SKPD se-Kabupaten Pangandaran, tokoh pejuang pemekaran dan organisasi masa Pangandaran.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui forum Musrenbang RKPD tahun 2018 dapat menyatukan keinginan, kebutuhan dan pandangan dari seluruh elemen di Kabupaten Pangandaran untuk nanti dirumuskan menjadi kebijakan-kebijakan daerah yang akan dilaksanakan. Bupati pangandaran berharap, “forum ini tidak hanya diadakan hanya memenuhi kententuan normatif tetapi forum menjadi forum yang sangat subtansi dalam perumusan pembentukan kebijakan. Kebijakan ini bukan kebijakan Bupati atau kebijakan Bappeda tetapi kebijakan masyarakat Pangandaran” tutup Jeje.

Dalam satu tahun masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran telah mencapai kemajuan yang sangat terasa dalam pelayan kepada masyarakat dimana pembangunan pelayanan kesehatan, pendidikan gratis serta perbaikan sarana umum. Visi Pariwisata Pangandaran menjadi wisata mendunia terus dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran dengan cara terus memperbaiki infrastruktur pendukung pariwisata. Diharapakan tahun mendatang pariwisata Kabupaten Pangandaran dapat bersaing di dunia pariwisata Internasional. Pembangunan ruang terbuka hijau juga akan dibangun untuk sarana bagi masyarakat Pangandaran seperti pembangunan lapang Merdeka, Taman Pangandaran Sunset serta Lapang Parigi.

Partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan, kesinambungan, dan keseluruhan atau holistic merupakan aspek dalam proses perencanaan untuk mensinergiskan rencanakan pembangun di suatu daerah. Anggota komisi 10 DPR RI, Puti Guntur Sokarno mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pangandaran dalam pembangunan-pembangunan  yang memiliki kemajuan yang sangat positif. “Penataan komplek wisata demi kepentingan kemajuan sektor pariwisata merupakan dasar dalam kemajuan Wisata Pangandaran menjadi pariwisata yang mendunia, pembangunan Puskesmas bintang tiga dan jalan menjadi mulus di wilayah Kabupaten Pangandaran sebagai kemajuan dari kebijakan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pangandaran” terang Puti.

Proses pelaksanaan rangkaian musrenbang ini mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisipatif dan akuntabel sehingga bermuara disusunnya dokumen perencanaan yang berkualitas. Dengan Musrenbang RKPD Kabupaten Pangandaran tahun 2018 menghasilkan dokumen RKPD yang dapat bersinergi dengan prioritas pembangunan Provinsi Jawa Barat sebagai wujud komitmen pembangunan sehingga dapat menjadi pedoman semua pihak dalam pelaksanaan pembangunan, serta dapat mensinergikan berbagai sumber pendanaan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintahan Kabupaten Pangandaran sehingga anggaran dapat dialokasikan dengan efektif dan efisien serta tepat sasaran sesuai dengan kewenangan yang berlaku. Kesamaan tujuan sebagai modal utama dalam pembangunan suatu daerah, dengan menyatukan semua tujuan dari seluruh elemen yang ada di Kabupaten Pangandaran sehingga dapat mendukung Pangandaran menjadi Kabupaten yang cerdas.(DKISP/FAUZI)

 

Share

PELAYANAN DASAR DENGAN DUKUNGAN TIK MENUJU PANGANDARAN KABUPATEN CERDAS

Discussion

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *