Pagelaran Wayang Golek Dalam Rangka Pelestarian Wayang Golek Purwa

Bertempat di Desa Margacinta tepatnya di depan Kantor Desa Margacinta berlangsung Pagelaran Wayang Golek pada Sabtu (26/12/2015). Pagelaran ini berlangsung dalam rangka Pelestarian Wayang Golek Purwa.

Hadir pada kesempatan ini Penjabat Bupati Pangandaran Drs. H. Daud Achmad, Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Mahmud SH, MH, Kepala SKPD se-Kabupaten Pangandaran, beserta para tokoh masyarakat setempat.

Pagelaran wayang golek ini menghadirkan dalang setempat yang tak diragukan lagi kualitasnya, berjumlah empat orang dalang di bawah pimpinan Dalang Cucu Gumilar sebagai ketua PEPADI (Persatuan Pedalang Indonesia) Kabupaten Pangandaran.

Pagelaran wayang golek banyak mengandung falsafah-falsafah yang mengandung kebaikan khususnya kebaikan dalam kehidupan bermasyarakat. Pagelaran ini secra tidak langsung merupakan peristiwa yang sangat luar biasa karena dapat berkontribusi dalam mendidik masyarakat agar dapat hidup bermasyarakat dan bernegara dengan baik, oleh karena itu wayang golek perlu dilestarikan.

Penjabat Bupati Pangandaran mengatakan, “Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada ketua penyelenggara kegiatan yang telah berjuang dan menjunjung tinggi budaya yang dimiliki warga Jawa Barat, yaitu wayang golek ini. Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini, dapat kembali memupuk semangat para pelaku seni untuk terus berkarya memberikan yang terbaik”.

“Saat ini kendala regenerasi dalam pelestarian kesenian wayang golek bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah atau Dinas terkait saja, tapi tugas kita semua sebagai warga masyarakat. Cara yang paling efektif untyk menanamkan rasa cinta terhadap budaya kita yaitu dimulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan sosial bermasyarakat,” papar Ketua PEPADI (Persatuan Pedalang Indonesia) Kabupaten Pangandaran

Setali tiga uang dengan pernyataan Ketua PEPADI Kabupaten Pangandaran, Penjabat Bupati Pangandaran juga mengharapkan agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara rutin dan dipromosikan lebih luas lagi supaya masyarakat merasa terhibur sekaligus dapat menghayati dan mengetahui budaya yang hidup dan dimiliki tanah air Indonesia.(hms/gita)

Share

Pagelaran Wayang Golek Dalam Rangka Pelestarian Wayang Golek Purwa

Discussion

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *