LAGI, PETANI PANGANDARAN DAPAT BANTUAN DARI KEMENTRIAN PERTANIAN

CIJULANG. Program peningkatan produksi komoditas pertanian terutama tanaman pangan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi masih menduduki skala prioritas dalam upaya untuk mencapai target swasembada pangan terutama padi, jagung, kedelai, dan holtikultura. Ketersediaan dan kualitas sarana dan prasana yang selalu terjaga dengan baik untuk mendukung upaya pencapaian target swasembada pangan menjadi hal pokok yang harus diperhatikan dalam peningkatan produksi.

Target swasembada pangan dapat dicapai dengan berbagai upaya, antara lain dengan meningkatkan mutu intensifikasi dan optimasi Perluasan Areal Tanam (PAT) dan peningkatan Indeks Pertanaman (IP), dimana lahan yang hanya satu kali diusahakan dapat ditingkatkan menjadi dua kali atau “IP 200” dapat ditingkatkan menjadi “IP 250”. Hal ini disebabkan karena luas lahan sawah yang tidak bertambah. Dalam rangka mendukung intensifikasi dan ektensifikasi di upayakan percepatan tanam dengan didukung oleh sarana dan prasarana penunjang salah satunya yaitu alat mesin pertanian.

Kementrian Pertanian melalui Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian mengalokasikan anggaran untuk penyaluran alat pertanian berupa traktor dan cultivator dengan sasaran kegiatan fasilitasi bantuan ini kepada kelompok petani yang mempunyai semangat untuk maju. Melalui bantuan Dinas Petanian Kabupaten Pangandaran menyalurkan alat pertanian berupa 14 unit Traktor roda dua dan 4 unit Cultivator.

Dengan bantuan sarana dan prasarana alat pertanian ini diharapakan petani di Pangandaran dapat melakukan proses usaha tani secara optimal sehingga peningkatan Indeks Pertanian dan Produktivitas dapat tercapai untuk mendukung program Swasembada beras di Kabupaten Pangandaran. Bupati Pangandaran berharap “Dengan adanya bantuan ini para petani di Kabupaten Pangandaran dapat meningkatkan produktivitas hsil pertanian serta ongkos produksi pertanian dapat ditekan semurah mungkin” tutup Jeje.

Dengan disalurkannya alat pertanian ini sebagai program dari Pemerintahan untuk para kelompok tani diharapkan akan menjadi pemicu semangat bagi para petani di seluruh Kabupaten Pangandaran untuk mendukung program swasembada pangan di Pangandaran tercapai. (DKISP/FAUZI)

Share

LAGI, PETANI PANGANDARAN DAPAT BANTUAN DARI KEMENTRIAN PERTANIAN

Discussion

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *