Kepala Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris unsur Pelaksana berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Pelaksana Badan. Sekretaris pelaksana mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan ketatausahaan meliputi administrasi umum, kepegawaian, keuangan, program, pengelolaan tata laksana organisasi serta pemberian layanan teknis administrasi kepada seluruh satuan organisasi badan.

Untuk melaksanakan tugasnya, Sekretaris pelaksana menyelenggarakan fungsi:

  • menyusun rencana kegiatan Sekretariat;
  • menyiapkan bahan rancangan kebijakan umum kantor;
  • melaksanakan pengelolaan keuangan, kepegawaian, sarana dan prasarana, surat menyurat, kearsipan, perpustakaan, kerumahtanggaan, administrasi umum, dan hubungan masyarakat;
  • melaksanakan pengendalian internal badan;
  • melaksanakan pengumpulan dan penyajian data dan informasi bidang kebencanaan di daerah;
  • mengelola sistem informasi, pelayanan data dan informasi di bidang penanggulangan bencana daerah;
  • menyusun rencana umum, rencana strategis, rencana kerja dan kinerja tahunan,menyusun rencana kegiatan dan anggaran badan;
  • menyusun rencana kinerja dan penetapan kinerja badan;
  • melaksanakan sistem pengendalian internal badan;
  • menyusun rincian tugas badan;
  • menyusun petunjuk pelaksanaan program dan kegiatan badan;
  • melaksanakan monitoring dan evaluasi dampak pelaksanaan program dan kegiatan badan;
  • menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan badan;
  • menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan badan;
  • menyusun laporan akuntabilitas kinerja badan;
  • melaksanakan pelayanan administratif dan fungsional badan;
  • melaksanakan pengkoordinasian, sinkronisasi, dan integrasi program perencanaan, dan perumusan kebijakan serta penyusunan laporan di lingkungan badan;
  • melaksanakan pelayanan administrasi ketatausahaan, hukum, dan peraturan perundang-undangan, organisasi, tata laksana, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, keuangan, perlengkapan, dan rumah tangga di lingkungan badan;
  • menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional ketatausahaan;
  • melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan kesekretariatan.
Share

Kepala Sekretariat