Kepala Dinas mempunyai tugas pokok memimpin, merumuskan kebijakan teknis operasional, mengkoordinasikan, melaksanakan keija sama dan mengendalikan pelaksanaan dalam rangka membantu Bupati melaksanakan Urusan Pemerintahan bidang Komunikasi, sebagian urusan Layanan E-Government, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik dan melaksanakan sebagian urusan Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Persandian yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada kabupaten.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Kepala Dinas mempunyai fungsi:

  • perumusan kebijakan bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik, dan Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Persandian;
  • pelaksanaan kebijakan bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik, dan Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Persandian;
  • pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pada bidang Layanan E- Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik, dan Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Persandian;
  • pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati.

Uraian tugas Kepala Dinas adalah sebagai berikut:

  • mengkoordinasikan perumusan kebijakan teknis dinas yang meliputi kesekretariatan, Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik, dan Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Persandian berdasarkan visi dan misi serta tugas pokok dan fungsi dinas;
  • mengkoordinasikan perumusan dan penetapan rencana kerja yang meliputi Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik, dan Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Persandian berdasarkan kebijakan umum dinas dan Standar Pelayanan Minimal;
  • mengkoordinasikan penyusunan dan penetapan rencana strategis (Renstra), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Penetapan Kinerja (TAPKIN), Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan (SP) Dinas serta mengkoordinasikan kebutuhan data dan informasi bagi penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan Kepala Daerah, Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) serta dokumen- dokumen perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, penilaian dan pelaporan kinerja lainnya;
  • mengkoordinasikan perumusan dan menetapkan kebijakan teknis di bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik, dan Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Persandian berdasarkan visi dan misi serta tugas pokok dan fungsi dinas;
  • memverifikasi rencana Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik, dan Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Persandian;
  • mengkoordinasikan kebijakan pemerintah dan provinsi serta
    kebijakan umum daerah dalam rangka pelaksanaan urusan pemerintahan bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan
    Persandian;
  • memimpin, mengatur, membina, mengawasi, mengendalikan,
    mengkoordinasikan, monitoring, evaluasi, pelaporan dan pelaksanaan kebijakan teknis penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian;
  • menyelenggarakan perumusan rencana kebutuhan bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik, dan Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Persandian;
  • menyelenggarakan penetapan program dan rencana kerja lingkup bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian;
  • menyelenggarakan perancangan dan pengembangan sistem informasi dan dokumentasi teknis pelaksanaan program pembangunan bidang E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik, dan Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Persandian;
  • mendistribusikan tugas kepada staf secara lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya;
  • menyelenggarakan konsultasi tugas dengan pihak-pihak yang terkait baik teknis maupun administratif, Untuk keserasian dan keharmonisan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dinas;
  • menjelaskan perkembangan kebijakan-kebijakan dan prioritas kepada staf;
  • memantau pelaksanaan tugas staf melalui rapat-rapat intern dan petunjuk langsung untuk keterpaduan pelaksanaan tugas;
  • mengarahkan dan mengendalikan pelaksanaan tugas staf berdasarkan program kerja dinas;
  • membina staf sesuai ketentuan kepegawaian untuk peningkatan kualitas dan karier staf;
  • memeriksa konsep-konsep surat yang diajukan oleh staf sebelum ditandatangani;
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas staf melalui penilaian sasaran kerja pegawai (SKP) untuk mengetahui prestasi kerjanya dan sebagai bahan pembinaan serta upaya tindak lanjut;
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas staf melalui penilaian sasaran kerja pegawai (SKP) untuk mengetahui prestasi kerjanya dan sebagai bahan pembinaan serta upaya tindak lanjut;
  • melaporkan pelaksanaan tugas secara lisan, tertulis, berkala atau sesuai kebutuhan kepada pimpinan;
  • memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan yang menyangkut bidang tugas dinas; dan
  • elaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.
Share

Kepala Dinas Kominfo