• Visi

Visi merupakan pandangan berupa gambaran kondisi ideal yang akan dicapai oleh Kecamatan Pangandaran di masa yang akan setidaknya program prioritas yang akan dilaksanakan dalam lima tahun yang akan dating. Visi merupakan pencerminan komitmen, milik bersama, dan aspirasi semua pihak sehingga setiap orang berkomitmen terhadap pencapaian visi. Visi ini merupakan pengakomodasian kebutuhan dan keinginan semua pihak melalui penggalian gagasan ideal terhadap masa depan masyarakat Kecamatan Pangandaran. Visi Kecamatan Pangandaran dituangkan dalam rumusan sebagai berikut “ Dengan Iman dan Taqwa Mewujudkan Masyarakat Yang Sejahtera melalui Pengembangan Pariwisata dan Agribisnis “

Visi ini mengandung makna bahwa iman dan taqwa merupakan modal dasar setiap masyarakat Kecamatan Pangandaran dalam upaya meningkatkan kesejahteraan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Kecamatan Pangandaran adalah masyarakat yang agamis, memegang teguh nilai dan norma agama. Iman dan taqwa merupakan alat yang mutlak dalam pencapaian misi ini yaitu masyarakat yang sejahtera, dan sebagai  sarana untuk masyarakat sejahtera adalah kepariwisataan dan agri bisnis.

Masyarakat yang sejahtera adalah masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhanya baik lahir maupun batin, dengan indicator pemenuhan kebutuhan pokok, pendidikan masyarakat yang memadai, daya beli yang tinggi, dan derajat kesehatan yang lebih baik.

Kepariwisataan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan  dengan kegiatan wisata baik pengusahaan kepariwisataan, daya tarik maupun perilaku masyarakat dalam menempatkan pariwisata sebagai modal dan ikon Kecamatan Pangandaran. Agribisnis mengandung makna yang lebih luas dari sekedar pertanian bercocok tanam, tetapi bagaimana hasil pertanian dapat menghasilkan produk yang berkualitas, hasil yang optimal dan manajemen pemasaran yang handal, yang pada akhirnya pertanian menjadi industri yang menghasilkan produk pertanian yang dapat bersaing dipasar global.

 

  • Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka Kecamatan Pangandaran mempunyai misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk mewujudkan kepariwisataan yang handal
  2. Mengembangkan ekonomi daerah terutama dibidang pariwisata dan agribisnis
  3. Meningkatkan kemandirian desa.

Makna yang terkandung dalam misi tersebut adalah :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan kepariwisataan yang handal adalah bagaimana masyarakat Kecamatan Pangandaran menjadi pelaku pariwisata yang professional sesuai dengan nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh masyarakat Kecamatan Pangandaran. Menempatkan pariwisata sebagai industri yang harus dikelola dengan ramah lingkungan, karena pariwisata di Pangandaran adalah ‘menjual” alam, maka apabila alamnya rusak maka hancurlah pariwisata di Pangandaran. Hal ini harus disadari oleh semua stake holder yang terlibat, untuk itu mutlak diperlukan pengelolaan pariwisata yang baik dan ramah lingkungan. Tidak kalah penting adalah penataan kawasan wisata itu sendiri agar mempunyai daya dan cirri khas yang berbeda dengan kawasan wisata lainnya.
  2. Mengembangkan ekonomi daerah terutama dibidang pariwisata dan agribisnis, kemapanan ekonomi daerah mutlak dibutuhkan untuk pengembangan potensi yang dimilki suatu daerah. Dengan kemapanan ekonomi maka masyarakat dapat menjadi subyek pembangunan didaerahnya bukan sebagai obyek, yang pada akhirnya mampu bersaing dengan pelaku usaha yang luar daerah yang pada umumnya mempunyai modal yang kuat.
  3. Meningkatkan kemandirian masyarakat, dengan kemandirian maka masyarakat akan mampu mengurus dirnya sendiri tanpa harus campur tangan pemerintah atau pihak lain. Apabila masyarakat sudah mandiri maka beban pemerintah juga akan ringan, sehingga pemerintah akan lebih fokus pada program kegiatan yang telah diprogramkan.

 

  • Tupoksi

Untuk tupoksinya bisa dilihat dari PERBUP NOMOR 25 TAHUN 2014.

Share

Kecamatan Pangandaran