GERAKAN PANGANDARAN GEMAR MEMBACA

PANGANDARAN. Bertempat di gedung Islamic Centre Kecamatan Pangandaran dalam rangka implementasi revolusi mental melalui gerakan nasional gemar membaca dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata membuka Safari gerakan nasional pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Panganadaran Rabu, 19 Juli 2017. Acara dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Hj. Ida Nurlaela, perwakilan dari Perpustakaan Nasional, dan Dinas Perpustakaan Kab. Pangandaran.

Bahaya laten yang menyerang generasi muda saat ini yaitu bahaya narkoba dan bahaya media sosial. Generasi di awal tahun dua ribuan lebih sulit membaca buku karena sudah diawali dengan gadget (handphone, komputer dan aplikasi sosial media di internet), orang tua harus mampu memberikan contoh dan menularkan kebiasaan membaca kepada anak.

Kebiasaan membaca merupakan karakter yang tidak bisa terbentuk tiba-tiba tetapi harus dibina sejak seseorang masih kecil. Selain itu peran orang tua juga sangat penting dalam hal ini, karena para orang tua harus bisa menumbuhkan kecintaan anak terhadap buku dengan membina mereka sejak kecil agar karakter anak bisa menjadi lebih baik apabila dibina dengan buku,

Pemerintah pusat melakukan pembudayaan minat baca seperti yang dilakukan Perpusnas RI dengan cara membantu dalam hal fasilitas (buku) ke tiap perpustakaan kota dan kabupaten, menyediakan sudut baca di tempat-tempat umum seperti di bandara (bekerjasama dengan Angkasa Pura), dan mengirimkan perpustakaan keliling ke sekolah dan komunitas. Tak hanya itu Perpusnas RI juga memberikan bantuan kepada Kabupaten Pangandaran mobil perpustakaan keliling dan melantik Hj. Ida Nurlaela sebagai Bunda membaca. Bantuan dan pelantikan ini diharapkan dapat meningkatkan minat membaca di Pangandaran.

Bupati berharap, budaya membaca di Kabupaten Pangandaran dapat terus ditingkatkan sehingga ancaman dari dampak negatif media sosial dan teknologi informatika yang terus berkembang pada saat ini dapat ditekan sekecil mungkin. Supaya gerani penerus di Kabupaten Pangandaran mempunyai budaya yang positif yaitu budaya gemar membaca.(DKISP/Fauzi)

Share

GERAKAN PANGANDARAN GEMAR MEMBACA

Discussion

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *