GELAR SIMULASI TSUNAMI MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT

Pangandaran. Dalam rangka memperingati Hari kesiapsiagaan bencana Tingkat Kabupaten Pangandaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran melaksanakan simulasi evakuasi ke tempat Evakuasi Sementara (TES) dan uji sirene peringatan dini Tsunami di Objek wisata Pantai Pangandaran, Kamis 26 April 2018.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Nana Ruhena menjelaskan “ Tema HKB tingkat Kabupaten Pangandaran ini ‘siaga bencana mulai dari diri kita sendiri, dari keluarga dan dari masyarakat’. Mudah – mudahan dengan adanya simulasi ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.”

“Daerah kita ini daerah wisata, kita sebagai masyarakat wisata harus mampu memberikan contoh kepada turis domestik maupun asing dalam kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana karena tidak bisa dipungkiri karena Pangandaran menduduki peringkat ke-16 rawan bencana dan peringkat ke-4 ancaman tsunami se-Indonesia” tutup Kadis DPKPD.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menambahkan “Saya ingin program sosialisasi kebencanaan terus dilakukan serta dibentuk relawan – relawan bencana di Kabupaten Pangandaran, biar tidak terjadi hal seperti contoh ada bencana longsor dan rumah ambruk. Masyarakat nya hanya nonton, yang kerja hanya TAGANA.”

“Tahun depan saya inginkan msyarakat memiliki kesadaran mengenai bencana. Diharapkan ada desa tangguh yang terbentuk untuk siap dalam menangani bencana yang terjadi di Kabupaten Pangandaran.” Tutup Bupati.
Diharapkan seluruh elemen masyarakat dan Pemerintahan Kabupaten Pangandaran untuk siap dan siaga dalam menghadapi potensi bencana yang ada di Kabupaten Pangandaran. (Fauzi Algiffari)

Share

GELAR SIMULASI TSUNAMI MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT

Discussion

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *