DESA CIBOGO WAKILI KABUPATEN PANGANDARAN DALAM LOMBA DESA TINGKAT PROVINSI

Padaherang. Desa Cibogo kecamatan  Padaherang menjadi wakil dari Kabupaten Pangandaran dalam program evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat. Kegitan evaluasi sendiri dilangsungkan oleh tim dari Pemprov Jawa Barat senin, 19 juni 2017. Dalam acara tersebut hadir Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran Ida Nurlaela.

Bupati mengatakan evaluasi ini menjadi motivasi untuk menggerakan dan menguatkan desa di Pangandaran. Paling utama evaluasi pemetaan pembangunan desa, infrastruktur, kelembanggaan Desa dan ekonomi Desa. Dengan  sebuah Desa yang bagus akan menjadikan Kabupaten bagus pula.

Menurut Camat Padaherang, kegiatan ini merupakan lanjutan, kegiatan ini merupakan verifikasi ke lapangan, setelah sebelumnya pengajuan data dan administrasi di Garut 19 Mei 2017. Evaluasi perkembangan desa dan kelurahan merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri No 81 Tahun 2015 tentang perkembangan desa dan kelurahan.

Desa Cibogo menjadi juara sepriangan timur dan sekarang memperebutkan 4 besar di Jawa barat, bersaing dengan Bandung, Bekasi dan Indramayu. Desa Cibogo mempunyai visi Cibogo emas, elok, mandiri, agamis, sejahtera. Desa Cibogo mempunyai program desa pintar (desa melek internet), meningkatkan perekonomian melalui bumdes, pemberian santunan bagi warga miskin, PMT bagi balita, ibu hamil dan lansia, pembinaan pelaku usaha dan UMKM. Pemberian beasiswa bagi siswa tidak mampu dan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Ketua tim evaluasi perkembangan desa, Drs. Ade Afandi MT menambahkan, sebagai DOB Pangandaran menjadi wakil dari Priangan Timur yang secara mengejutkan lolos dari verifikasi administrasi, dokumen dan kinerja Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Dengan adanya verifikasi ini dapat menghasilkan inovasi – inovasi dalam kebijakan dan program yang ada di desa untuk mengembangkan Desa dan Kabupaten. (DKISP/FAUZI)

Share

DESA CIBOGO WAKILI KABUPATEN PANGANDARAN DALAM LOMBA DESA TINGKAT PROVINSI

Discussion

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *