Bidang Pengelolaan Aset Daerah dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan perumusan kebijakan teknis dan menyelenggarakan penyusunan rencana kerja Bidang Pengelolaan Aset meliputi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah, Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah dan Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah mempunyai fungsi:

  • penyelenggaraan perumusan kebijakan teknis operasional Bidang Pengelolaan Aset Daerah meliputi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah, Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah dan Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah;
  • penyelenggaraan rencana kerja Bidang Pengelolaan Aset Daerah, meliputi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah, Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah dan Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah;
  • penyelenggaraan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • penyelenggaraan monitoring, evaluasi dan pelaporan capaian kinerja Bidang Pengelolaan Aset Daerah.

Uraian tugas Kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah adalah sebagai berikut:

  • menyelenggarakan perumusan kebijakan umum dan teknis Dinas Bidang Pengelolaan Aset Daerah;
  • menyelenggarakan penyusunan rencana kerja Bidang Pengelolaan Aset Daerah berdasarkan sasaran, kebijakan teknis, strategi dan program kerja Dinas serta kondisi dinamis masyarakat;
  • menyelenggarakan penghimpunan rencana detail kebutuhan dan pemeliharaan barang milik daerah dari satuan kerja perangkat daerah;
  • menyelenggarakan analisis kebutuhan barang milik daerah yang meliputi penyusunan standar kebutuhan barang milik daerah, standar harga dan perencanaan anggaran barang milik daerah;
  • menyelenggarakan penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU);
  • menyelenggarakan penghimpunan Data Kebutuhan Barang Milik Daerah (DKBMD) dan Data Kebutuhan Pemeliharaan Barang Milik Daerah (DKPBMD);
  • menyelenggarakan pembinaan teknis serta pengendalian terhadap pemenuhan kebutuhan barang sesuai anggaran barang milik daerah;
  • menyelenggarakan fasilitasi serta pembinaan teknis, pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan standarisasi sarana prasarana kerja pemerintah daerah;
  • menyelenggarakan kajian teknis analisis kebutuhan barang milik daerah sebagai bahan penyusunan kebijakan kebutuhan barang milik daerah dan perencanaan anggaran barang milik daerah;
  • menyelenggarakan pengolahan serta analisi data barang milik daerah sebagai bahan penyelenggaraan dan penatausahaan barang milik daerah;
  • menyelenggarakan penatausahaan barang milik daerah yang meliputi pencatatan/pembukuan, inventarisasi dan pelaporan pengelolaan barang milik daerah;
  • menyelenggarakan penyusunan laporan barang milik daerah yang meliputi laporan mutasi barang, laporan semesteran, laporan tahunan dan sensus barang milik daerah;
  • menyelenggarakan rekapitulasi laporan barang milik daerah dari satuan kerja perangkat daerah yang meliputi rekapitulasi laporan mutasi barang, laporan semesteran, laporan tahunan dan sensus barang milik daerah;
  • menyelenggarakan fasilitasi, pembinaan teknis dan pengendalian terhadap penatausahaan barang milik daerah yang diselenggarakan oleh satuan kerja perangkat daerah, meliputi
  • pencatatan/pembukuan barang milik daerah, inventarisasi dan pelaporan pengelolaan barang milik daerah;
  • menyelenggarakan kajian teknis penyelenggaraan penatausahaan barang milik daerah sebagai bahan perumusan kebijakan tindak lanjut dalam pengelolaan barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pengolahan data barang milik daerah untuk penyelenggaraan pemanfatan dan pendayagunaannya;
  • menyelenggarakan pemanfatan dan pendayagunaan barang milik daerah yang meliputi proses penggunaan, penghapusan dan pemindahtanganan dan pengelolaan tuntutan ganti rugi barang milik daerah;
  • menyelenggarakan penyusunan sistem dan prosedur pemanfatan dan pendayagunaan barang milik daerah;
  • menyelenggarakan pembinaan dan pengendalian terhadap pendayagunaan barang milik daerah;
  • menyelenggarakan kajian teknis pendayagunaan barang milik daerah untuk bahan penerbitan izin pemanfaatan barang milik daerah;
  • menyelenggarakan proses penerbitan izin pemanfatan barang milik daerah;
  • menyelenggarakan monitoring, evaluasi dan pelaporan Bidang Pengelolaan Aset Daerah ;
  • menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja lain dan/atau lembaga/organisasi terkait dalam lingkup tugasnya;
  • mendistribusikan tugas kepada staf sesuai dengan bidang tugasnya;
  • mengkoordinasikan seluruh kegiatan seksi dalam melaksanakan tugas;
  • memberi petunjuk kepada staf untuk kelancaran pelaksanaan tugasnya;
  • menyelia kegiatan staf dalam lingkup Bidang Pengelolaan Aset Daerah untuk mengetahui kesesuaiannya dengan rencana kerja masing-masing;
  • mengarahkan dan mengendalikan pelaksanaan tugas staf berdasarkan rencana kerja yang ditetapkan;
  • menyusun dan memeriksa konsep surat dinas berdasarkan tata naskah dinas yang berlaku;
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas para staf melalui penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) untuk mengetahui prestasi kerjanya dan sebagai bahan pembinaan serta upaya tindak lanjut;
  • melaporkan pelaksanaan tugas dalam lingkup Bidang Pengelolaan Aset Daerah secara lisan, tertulis, berkala atau sesuai dengan kebutuhan kepada pimpinan;
  • memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai bidang tugasnya;
  • melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

1. Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah

Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah dipimpin seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang, mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan kebijakan teknis operasional, menyusun dan melaksanakan rencana kerja Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Kepala Seksi Analisis Kebutuhan mempunyai fungsi:

  • penyiapan bahan kebijakan teknis operasional Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah;
  • penyusunan dan pelaksanaan rencana kerja Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah;
  • pengumpulan dan Pengolahan data Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah;
  • pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi sesuai dengan tugasnya;
  • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan capaian kinerja Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah.

Uraian tugas Kepala Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah adalah sebagai berikut:

  • menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis operasional Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pengumpulan serta pengolahan basis data Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan rencana kerja Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah berdasarkan sasaran, kebijakan teknis, strategi dan program kerja Dinas;
  • menyiapkan bahan dan menghimpun rencana detail kebutuhan dan pemeliharaan barang milik daerah dari satuan kerja perangkat daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan analisis kebutuhan barang milik daerah yang meliputi penyusunan standar kebutuhan barang milik daerah, standar harga dan perencanaan anggaran barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan menyusun Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU);
  • menyiapkan bahan dan menghimpun Data Kebutuhan Barang Milik Daerah (DKBMD) dan Data Kebutuhan Pemeliharaan Barang Milik Daerah (DKPBMD);
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan teknis serta pengendalian terhadap pemenuhan kebutuhan barang sesuai anggaran barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan fasilitasi serta pembinaan teknis, pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan standarisasi sarana prasarana kerja pemerintah daerah;
  • melaksanakan kajian teknis analisis kebutuhan barang milik daerah sebagai bahan penyusunan kebijakan kebutuhan barang milik daerah dan perencanaan anggaran barang milik daerah;
  • melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan dalam lingkup Seksi Perencanaan dan Pengadaan Aset Daerah;
  • melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lain dan/atau lembaga/organisasi terkait;
  • mendistribusikan tugas kepada staf sesuai dengan bidang tugasnya;
  • memberi petunjuk kepada staf untuk kelancaran pelaksanaan tugasnya;
  • memeriksa hasil kerja dan menyelia kegiatan staf untuk mengetahui kesesuaiannya dengan rencana kerja;
  • mengarahkan dan mengendalikan pelaksanaan tugas staf berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan;
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas staf melalui penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) untuk mengetahui prestasi kerjanya dan sebagai bahan pembinaan serta upaya tindak lanjut;
  • membuat dan memeriksa konsep-konsep surat yang diajukan oleh staf untuk memperoleh konsep surat yang benar;
  • melaporkan pelaksanaan tugas secara lisan, tertulis, berkala atau sesuai kebutuhan kepada pimpinan;
  • memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai bidang tugasnya;
  • melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

2. Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah

Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah dipimpin seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang, mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan kebijakan teknis operasional, menyusun dan melaksanakan rencana kerja Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Kepala Seksi Penatausahaan mempunyai fungsi:

  • penyiapan bahan kebijakan teknis operasional Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah;
  • penyusunan dan pelaksanaan rencana kerja Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah;
  • pengumpulan dan pengolahan data Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah;
  • pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi sesuai dengan tugasnya;
  • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan capaian kinerja Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah.

Uraian tugas Kepala Seksi Penatausahaan adalah sebagai berikut:

  • menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis operasional Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pengumpulan serta pengolahan basis data Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan rencana kerja Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah berdasarkan sasaran, kebijakan teknis, strategi dan program kerja Dinas;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pengolahan serta analisi data barang milik daerah sebagai bahan penyelenggaraan penatausahaan dan pelaporan barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan penatausahaan barang milik daerah yang meliputi pencatatan/pembukuan, inventarisasi dan pelaporan pengelolaan barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan laporan barang milik daerah yang meliputi laporan mutasi barang, laporan semesteran, laporan tahunan dan sensus barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan rekapitulasi laporan barang milik daerah dari satuan kerja perangkat daerah yang meliputi rekapitulasi laporan mutasi barang, laporan semesteran, laporan tahunan dan sensus barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan fasilitasi, pembinaan teknis dan pengendalian terhadap penatausahaan barang milik daerah yang diselenggarakan oleh satuan kerja perangkat daerah, meliputi pencatatan/pembukuan barang milik daerah, inventarisasi dan pelaporan pengelolaan barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan kajian teknis penyelenggaraan penatausahaan barang milik daerah sebagai bahan perumusan kebijakan tindak lanjut dalam pengelolaan barang milik daerah;
  • melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan dalam lingkup Seksi Penatausahaan dan Pelaporan Aset Daerah;
  • melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lain dan/atau lembaga/organisasi terkait;
  • mendistribusikan tugas kepada staf sesuai dengan bidang tugasnya;
  • memberi petunjuk kepada staf untuk kelancaran pelaksanaan tugasnya;
  • memeriksa hasil kerja dan menyelia kegiatan staf untuk mengetahui kesesuaiannya dengan rencana kerja;
  • mengarahkan dan mengendalikan pelaksanaan tugas staf berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan;
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas staf melalui penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) untuk mengetahui prestasi kerjanya dan sebagai bahan pembinaan serta upaya tindak lanjut;
  • membuat dan memeriksa konsep-konsep surat yang diajukan oleh staf untuk memperoleh konsep surat yang benar;
  • melaporkan pelaksanaan tugas secara lisan, tertulis, berkala atau sesuai kebutuhan kepada pimpinan;
  • memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai bidang tugasnya;
  • melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

3. Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah

Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang, mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan kebijakan teknis operasional, menyusun dan melaksanakan rencana kerja Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah mempunyai fungsi:

  • penyiapan bahan kebijakan teknis operasional Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah;
  • penyusunan dan pelaksanaan rencana kerja Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah;
  • pengumpulan dan Pengolahan data Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah;
  • pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi sesuai dengan tugasnya;
  • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan capaian kinerja Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah.

Uraian tugas Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah adalah sebagai berikut:

  • menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis operasional Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pengumpulan serta pengolahan basis data Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan rencana kerja Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah berdasarkan sasaran, kebijakan teknis, strategi dan program kerja Dinas;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pengolahan data barang milik daerah untuk penyelenggaraan pemanfatan dan pendayagunaannya;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan penyelenggaraan pemanfatan dan pendayagunaan barang milik daerah yang meliputi proses penggunaan, penghapusan dan pemindahtanganan dan pengelolaan tuntutan ganti rugi barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan menyusun sistem dan prosedur pemanfatan dan pendayagunaan barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan dan pengendalian terhadap pendayagunaan barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan kajian teknis pendayagunaan barang milik daerah untuk bahan penerbitan izin pemanfaatan barang milik daerah;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan proses penerbitan izin pemanfatan barang milik daerah;
  • melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan dalam lingkup Seksi Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah;
  • melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lain dan/atau lembaga/organisasi terkait;
  • mendistribusikan tugas kepada staf sesuai dengan bidang tugasnya;
  • memberi petunjuk kepada staf untuk kelancaran pelaksanaan tugasnya;
  • memeriksa hasil kerja dan menyelia kegiatan staf untuk mengetahui kesesuaiannya dengan rencana kerja;
  • mengarahkan dan mengendalikan pelaksanaan tugas staf berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan;
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas staf melalui penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) untuk mengetahui prestasi kerjanya dan sebagai bahan pembinaan serta upaya tindak lanjut;
  • membuat dan memeriksa konsep-konsep surat yang diajukan oleh staf untuk memperoleh konsep surat yang benar;
  • melaporkan pelaksanaan tugas secara lisan, tertulis, berkala atau sesuai kebutuhan kepada pimpinan;
  • memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai bidang tugasnya;
  • melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.
Share

Bidang Pengelolaan Aset Daerah