Bidang Pendaftaran Penduduk dan informasi kependudukan dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Pendaftaran Penduduk dan informasi kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagian fungsi Dinas dibidang pendaftaran penduduk dan informasi kependudukan.

Untuk melaksanakan tugasnya, Bidang Pendaftaran Penduduk dan informasi kependudukan menyelenggarakan fungsi:

  • perumusan bahan kebijakan pendaftaran penduduk serta penetapan kebijakan pengelolaan informasi administrasi kependudukan;
  • fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan pendaftaran penduduk dan pengelolaan informasi administrasi Kependudukan;
  • koordinasi penyelengaraan pendaftaran penduduk dan informasi administrasi Kependudukan;
  • penyelengaraan pelayanan pendaftaran penduduk dalam sistem administrasi kependudukan;
  • pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pendaftaran penduduk dan informasi kependudukan;
  • pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia pengelola pendaftaran penduduk dan informasi kependudukan;
  • penyusunan laporan kegiatan di bidang tugasnya;
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.

1. Seksi Pendaftaran Penduduk

Seksi Pendaftaran Penduduk dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk dan informasi kependudukan. Seksi Pendaftaran Penduduk mempunyai tugas melaksanakan sebagian fungsi bidang pendaftaran penduduk dan informasi kependudukan.

Untuk melaksanakan tugasnya, Seksi Pendaftaran menyelenggarakan fungsi:

  • Pembuatan dan penyusunan program kerja dibidang pendaftaran penduduk;
  • Pelaksanaan Fasilitasi, Sosialisasi, dan pemberian Konsultasi mekanisme pendaftaran Penduduk;
  • Pelaksanaan koordinasi pengolahan bidang pendaftaran penduduk;
  • Pengumpulan, pencatatan dan verifikasi data berkas pengajuan pendaftaran penduduk;
  • Pelaksanaan proses pendaftaran penduduk meliputi pelayanan pencatatan, perubahan data penduduk, dan pemutakhiran biodata penduduk, penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK), proses pindah dan pindah datang bagi WNI dan WNA, perekaman dan penerbitan dokumen penduduk berupa KTP dan KK dengan mengunakan sistem SIAK;
  • pelaksanaan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pendaftaran penduduk;
  • Penyiapan bahan penyusunan kebijakan perencanaan kependudukan;
  • penyusunan laporan kegiatan di bidang tugasnya;
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.

2. Seksi Sistem Teknologi Informasi kependudukan

Seksi Sistem Teknologi Informasi kependudukan dipimpin oleh Kepala Seksi berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang pendaftaran penduduk dan Informasi Kependudukan. Seksi Sistem Teknologi Informasi kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagian fungsi Bidang pendaftaran penduduk dan Informasi Kependudukan.

Untuk melaksanakan tugasnya, Seksi Sistem Teknologi Informasi kependudukan menyelenggarakan fungsi:

  • Pembuatan dan penyusunan program kerja bidang Teknologi Informasi kependudukan;
  • Pelaksanaan fasilitasi, sosialisasi dan dan pemberian konsultasi mekanisme sistem teknologi informasi kependudukan;
  • Pelaksanaan koordinasi pengelolaan informasi administrasi kependudukan;
  • pembangunan dan pengembangan jaringan komunikasi data Kependudukan;
  • penyediaan perangkat keras dan perlengkapan lainya serta jaringan komunikasi data sampai dengan tingkat kecamatan atau kelurahan sebagai tempat pelayanan dokumen penduduk;
  • Pelaksanaan sistem informasi Administrasi Kependudukan;
  • Pembangunan tempat perekaman data kependudukan di kecamatan;
  • Pelaksanaan pengawasan, pemantauan, dan monitoring dalam pemeliharaan jaringan komunikasi data kependudukan;
  • Pelaksanaan penyiapan bahan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia dalam pengelolaan sistem teknologi informasi kependudukan;
  • penyusunan laporan kegiatan di bidang tugasnya;
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.

3. Seksi pengelolaan data

Seksi pengelolaan data dipimpin oleh Kepala Seksi berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang pendaftaran penduduk dan Informasi Kependudukan. Seksi pengelolaan data mempunyai tugas melaksanakan sebagian fungsi Bidang pendaftaran penduduk dan Informasi Kependudukan.

Untuk melaksanakan tugasnya, Seksi pengelolaan data menyelenggarakan fungsi:

  • penyusunan rencana dan program kerja dibidang pengelolaan data kependudukan;
  • Pelaksanaan fasilitasi, sosialisasi dan pemberian konsultasi mekanisme dan pendayagunaan hasil pengelolaan data kependudukan;
  • Pelaksanaan koordinasi tentang pengelolaan data kependudukan;
  • pembangunan reflikasi data kependudukan;
  • pembangunan bank data kependudukan;
  • Perekaman data hasil pelayanan pendaftaran penduduk dan pemutakhiran data kependudukan;
  • Penyajian dan diseminasi informasi penduduk;
  • perlindungan data pribadi penduduk pada bank data kependudukan;
  • Perlindungan data pribadi penduduk pada Bank data kependudukan;
  • penyusunan laporan kegiatan di bidang tugasnya;
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.
Share

Bidang Pendaftaran Penduduk dan informasi kependudukan