Bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan koordinasi dalam pengumpulan, pengolahan data perencanaan evaluasi dan pelaporan serta melaksanakan Layanan E- Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik.

Dalam menyelenggarakan tugas nya, Kepala Bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik mempunyai fungsi:

  • penyusunan rencana dan program kerja bidang Layanan E- Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik;
  • perumusan kebijakan teknis bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik;
  • pelaksanaan kebijakan teknis pembinaan, pengendalian dan pemanfaatan bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik;
  • pengelolaan administrasi bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan terkait dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik sebagai berikut:

  • merumuskan program kerja bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas dinas;
  • mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  • merencanakan operasional dan pelaksanaan kebijakan di bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik;
  • menyusun norma standar, prosedur dan kriteria di bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik;
  • merencanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang Layanan E- Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik;
  • merencanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik di lingkup pemerintah daerah;
  • merencanakan konten lintas sektoral dan pengelolaan Layanan E- Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik;
  • merencanakan kebutuhan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik;
  • menilai dan mengevaluasi kinerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  • melaporkan pelaksanaan tugas sebagai wujud
    pertanggungjawaban; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

1. Seksi Pengembangan E-Goverment, Penyelenggaraan TIK dan Pengembangan SDM;

Seksi Pengembangan E-Goverment, Penyelenggaraan TIK dan Pengembangan SDM dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik, yang mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan kebijakan teknis operasional, menyusun dan melaksanakan rencana keija Seksi Pengembangan E-Goverment, Penyelenggaraan TIK dan Pengembangan SDM.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Kepala Seksi Pengembangan E-Goverment, Penyelenggaraan
TIK dan Pengembangan SDM, mempunyai fungsi:

  • perencanaan dan penyusunan program operasional seksi Pengembangan E-Goverment, Penyelenggaraan TIK dan Pengembangan SDM;
  • penyelenggaraan Perencanaan dan Pengembangan SDM yang menjadi kewenangan daerah kabupaten;
  • pengendalian pelaksanaan Perencanaan dan Pengembangan SDM;
  • pengkoordinasian antar bidang dan seksi-seksi pada bidang lainnya dan sekretariat lingkup Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian; dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Pengembangan E-Goverment, Penyelenggaraan
TIK dan Pengembangan SDM adalah sebagai berikut:

  • menyiapkan bahan program kerja Seksi Pengembangan E- Goverment, Penyelenggaraan TIK dan Pengembangan SDM sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • melakukan koordinasi dengan unit kerja dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas dinas;
  • mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  • melakukan layanan pengembangan dan inovasi TIK dalam implementasi e-Government;
  • menilai dan mengevaluasi kinerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  • menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  • melaporkan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

2. Seksi Manajemen Data, Infrastruktur dan Statistik Sektoral

Seksi Manajemen Data, Infrastruktur dan Statistik Sektoral dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik yang mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan kebijakan teknis operasional, menyusun dan melaksanakan rencana kerja Seksi Manajemen Data, Infrastruktur dan Statistik Sektoral.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Kepala Seksi Manajemen Data, Infrastruktur dan Statistik Sektoral, mempunyai fungsi:

  • perencanaan dan penyusunan program operasional seksi Manajemen Data, Infrastruktur dan Statistik Sektoral;
  • penyelenggaraan Perencanaan dan Manajemen Data yang menjadi
    kewenangan daerah kabupaten;
  • pengendalian pelaksanaan Perencanaan dan Manajemen Data;
  • pengkoordinasian antar bidang dan seksi-seksi pada bidang lainnya dan sekretariat lingkup Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian; dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Manajemen Data, Infrastruktur dan Statistik Sektoral sebagai berikut:

  • menyiapkan bahan program kerja Seksi Manajemen Data, Infrastruktur dan Statistik Sektoral sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • melakukan koordinasi dengan unit keija dinas agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas dinas;
  • mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  • merencanakan layanan keamanan manajemen data;
  • menyediakan layanan pengelolaan infrastruktur;
  • menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program bidang statistik sektoral;
  • menyiapkan bahan bimbingan dan pengendalian teknis bidang statistik sektoral;
  • mengelola administrasi di bidang statistik sektoral;
  • menilai dan mengevaluasi kinerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  • menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  • melaporkan pelaksanaan tugas sebagai wuju pertanggungjawaban; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.
Share

Bidang Layanan E-Goverment, Pengelolaan Infrastruktur dan Statistik