BBWS DAN PEMKAB PANGANDARAN KERJASAMA UNTUK NORMALISASI SUNGAI

Keberadaan sebagian wilayah Kabupaten Pangandaran yang berada di hilir sungai citanduy dan beberapa sungai lainya disaat musim hujan tiba sering menjadi langganan banjir.

Menurut data yang ada pada Dinas PU, tataruang, Perumahan rakyat dan kawasan permukiman Kabupaten Pangandaran terdapat beberapa sungai yang bermuara di wilayah pangandaran diantaranya Sungai citanduy dan sungai ciseel yang merupakan kewenangan pengurusannya berada dipemerintah pusat dan ada beberapa sungai yang termasuk kewenangan Provinsi Jawa barat yaitu sungai  Cikembulan,  Ciputrapinggan, Citonjong, Cikelewung, Cijalu, Cikerai, Cikembang, Cijulang. Cimedang, sungai cigugur dll.

Berkaitan dengan hal tersebut  bupati pangandaran H Jeje wiradinata, di dampingi Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari, ketua DPRD kabupaten pangandaran Drs iwan M Ridwan SPd. MSi bersama beberapa anggota DPRD, kepala Dinas PU tataruang, Perumahan Rakyat Dan Permukiman dan beberapa kepala SKPD lingkup kabupaten pangandaran mengunjungi Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWS) yang berkantor di kota Banjar untuk koordinasi terkait normalisasi sungai sungai yang berada di pangandaran. Rabu (15 /11)

Hadir pula Kepala Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat,Nana Nasuha beserta rombongan. Rombongan Bupati Pangandaran tersebut di terima langsung oleh kepala BBWS citanduy, Danang Baskoro. di aula rapat gedung BBWS Citanduy.

Menurut Bupati Pangandaran kunjungan ini merupakan tindaklanjut setelah sebelumnya Bupati pangandaran juga sempat datang ke BBWS citanduy untuk membahas hal yang sama.

“Hari ini koordinasi diharapkan dapat menghasilkan keputusan, Ada beberapa sungai yang asa di Kabupaten Pangandaran yang harus segera dinormalisasikan salahsatunya Sungai cikidang kondisinya sudah mengecil jadi kalau hujan sering banjir apalagi kalau laut sedang naik ujarnya. Selain Cikelewung, Cijalu, sungai Cikembulan sekarang sudah dangkal tapi lebar masih relatif ujarnya.

Sementara itu menurut Nana, ada beberapa sungai yang masuk kewenangan Prov JABAR mari kita bahas sehingga bisa menagani permasalahan banjir yang berada di Kabupaten Pangandaran. Nana juga menambahkan permasalahan sungai di kabupaten pangandaran yang merupakan kewenangan sudah di identifikasi titik-titik mana saja yang menjadi permasalahan

Masih menurut Nana, Pemprov sudah mengusulkan penanganan sungai Cikidang dan sungai Cijulang, Namun demikian menurut Nana Penanganan sungai bukan hanya spot by spot saja tetapi harus mulai dari hulu, tengah sampai muara .

Sementara menurut kepala BBWS Citanduy. Danang, mengatakan asal ada dukungan dari semua pihak kita bisa mengajukan anggaran untuk penangana sungai kepemerintah pusat. Ketua DPRD dalam sambutanya mengharapkan adanya kewenangan dalam penanganan sungai di Pangandaran.

“saya mengharapkan  kepada BBWS citanduy agar menormalisasi sungai yang ada di Pangandaran, Tiap tahun diharapkan dianggarkan. Mengenai jalan infeksi dari Manganti sampai Paledah Padaherang jalan ini kalau tidak di cor sudah rusak.

Selain itu menurut beliau harus ada kepastian mana yang di perbaiki prponsi, daerah, dan mana oleh BBWS citanduy. hasil dari pertemuan ini adalah dibentuknya tim untuk penanganan permasalahan sungai yang ada di kabupaten pangandaran, dan untuk peninjauan kelapangan akan dilaksanakan pada hari jumat. (Sumber: Adesoed)

Share

BBWS DAN PEMKAB PANGANDARAN KERJASAMA UNTUK NORMALISASI SUNGAI

Discussion

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *